Spot - Spot Yang Populer Menakutkan Di Makassar

Kota Makassar / yg biasa dikenal dengan sebutan Ujung Pan&g selain populer dengan wisata baharinya, kota Makassar yg menerima julukan “Angin Mamiri” ini juga populer akan keanekaragaman kulinernya yg bisa menggoyg lidah. Berhubung alasannya yaitu ini blog misteri maka kali ini saya tidak akan membahas mengenai wisata /pun kuliner khas kota makassar melainkan mengenai tempat-tempat menakutkan di kota makassar,  Oke berikut ini beberapa tempat-tempat yg populer horor & menakutkan di Makassar. Silahkan disimak!

1.    Benteng Fort Rotterdam

Kota Makassar / yg biasa dikenal dengan sebutan  Spot - Spot yg Terkenal Angker  di Makassar

Benteng Fort Rotterdam ialah bangunan sisa-sisa peninggalan sejarah yg amat berarti bagi masyarakat Makassar. Benteng ini merupakan lambang kegigihan rakyat Makassar dalam melawan kekuasaan Kompeni Belkamu. Pada awalnya benteng ini dibangun oleh Sultan Daeng Bonto Karaeng (Raja Kerajaan Gowa-Tallo ke IX) pada tahun 1545. Benteng juga sering disebut sebagai Benteng Panyyua yg berarti penyu. Hal ini dikarena bentuk struktur bangunan benteng yg apabila dilihat dari atas berbentuk penyu. Penyu sendiri merupakan lambing Kerajaan Gowa-Tallo yg mempunyai makna bahwa Kerajaan Gowa-Tallo ialah Negara besar yg jaya di darat maupun di laut.

Konon disini sering dilakukan pembantaian, sehingga terdapat banyak jenazah Belkamu di dalamnya. Banyak masyarakat juga telah mengaku melihat penampakan di beberapa titik di Benteng Rotterdam ini. Baik itu hantu yg berwujud menyerupai orang Belkamu pada jaman dahulu. Maupun hantu lainnya.

Tetapi, di samping semua itu Benteng Fort Rotterdam tetap ramai didatangi pengunjung yg ingin tau dengan tempat ini. Benteng ini memang telah menjadi tempat wisata di Makassar, alasannya yaitu keunikan gedungnya yg masih kental akan nuansa Belan&ya.

2.    Lapangan Karebosi

Kota Makassar / yg biasa dikenal dengan sebutan  Spot - Spot yg Terkenal Angker  di Makassar
Bagi warga Makassar, dongeng berbau mistik & alam gaib di Lapangan Karebosi bukanlah hal yg baru. Tidak sedikit yg percaya bahwa aneka macam insiden asing di luar nalar yg muncul di lapangan yg menjadi titik nol kilometer kota Makassar itu ialah ulah dari “para penjaga” yg berdiam di sana. Banyak yg sering mengalami insiden asing di lapangan itu, termasuk para pemain PSM yg sering berlatih disana.

Orang-orang yg sering ke Lapangan Karebosi Makassar umumnya sudah paham bahwa lapangan itu menyimpan banyak mitos & di sana sering muncul insiden di luar kebijaksanaan sehat.

Abdul Haris, manajr lapangan & Tajuddin, penasehat spiritual, sudah paham betul di mana tempat menakutkan di setiap sudut di Lapangan Karebosi. ‘’Saya sudah terlalu sering melihat hal-hal asing di lapangan ini. Pernah suatu malam ada kuda berjalan di dalam lapangan tempat latihan pemain PSM, penunggangnya sempat berputar-putar mengelilingi lapangan & kemudian menghilang, saya sempat kaget tapi tidak takut. Belakangan saya tahu berdasarkan info teman-teman, kuda itu ‘penghuni’ lapangan ini,’’ kata Haris menuturkan pengalamannya.

Kini alasannya yaitu sudah tahu, setiap kuda itu muncul, Haris menentukan membisu & tak mau mengganggu. ‘’Kalau kita tidak mengusik , mereka juga tidak akan mengganggu kita, itu yg selalu ada dalam pikiran aku, walaupun awalnya ada teman-teman yg sempat takut juga,’’ ujarnya..

Kuburan di sekitar lapangan karebosi



Haris yg sudah enam tahun mengelola tempat latihan pemain PSM, ingat betul betapa nasib Fouda Ntsama berakhir tragis sehabis mengencingi satu dari tujuh kuburan di pinggir lapangan tempat latihan pemain PSM. Pemain asal Afrika itu terpaksa gantung sepatu, padahal ia cuma terkilir ketika latihan usai mengencingi kuburan itu. Insiden yg menimpa Ntsama tak ayal lagi dikait-kaitkan dengan kekuatan gaib dari kuburan itu.

‘’Sejak ketika itu orang mulai semakin takut dengan kuburan yg ada di sekitar lapangan itu,’’ terperinci Haris.

Pada malam-malam tertentu, terutama malam Jumat & malam Senin, semua acara memperbaiki lapangan, termasuk menyiram rumput & meratakan sisa-sisa kubangan di tengah lapangan dihentikan. Alasannya, alasannya yaitu sudah kerap kali Haris & beberapa temannya ditegur ‘penghuni’ lapangan.

‘’Kalau kami tetap kerja hingga larut di malam Jumat & malam Senin, biasanya ada saja yg selalu sakit perut, entah saya / sobat yg lainnya. Kejadian itu selalu berulang, padahal jikalau malam-malam lainnya biasa-biasa saja, kami juga pernah ditegur ‘penghuni’ lapangan lewat kejadian-kejadian aneh,’’ papar alumni Universitas Muslim Indonesia ini.

Kejadian asing yg dimaksud Haris itu yakni, pernah suatu waktu, pekerjanya yg tidur di dingklik pemain, tiba-tiba sudah berpindah tempat ketika terbangun, pekerja yg lainnya terperinci kaget alasannya yaitu sebelumnya pekerja itu masih tidur di tempat pekerja lainnya.
‘’Setiap magrib juga kami niscaya menghentikan pekerjaan, itu sudah rutin alasannya yaitu menghormati ‘penghuni’ lapangan,’’ katanya lagi.

Kejadian / peristiwa-peristiwa menyerupai itu memang di luar nalar kita, & memang sulit dipercaya kebijaksanaan sehat, tapi bagi Haris & sejumlah pengurus PSM yg menghabiskan hari-harinya di sana, insiden itu memang benar-benar terjadi & diyakininya.

3.    Monumen Westerling
Kota Makassar / yg biasa dikenal dengan sebutan  Spot - Spot yg Terkenal Angker  di Makassar
Monumen Westerling / yg lebih kita kenal dengan Monumen Korban 40.00 jiwa ialah salah satu tempat menakutkan di Makassar. Dulunya monumen ini ialah bekas lubang kuburan massal.

Konon ceritanya, tak hanya membunuh pejuang, tapi juga membantai rakyat tak berdosa. Itulah yg dilakukan Kapten Raymond Paul Piere Westerling dengan pasukannya antara Desember 1946 hingga Maret 1947 di wilayah Sulawesi Selatan & Sulawesi Barat. Korban Kekejaman Westerling cukup banyak. Bukti-bukti sudah dicatat dalam lembaran sejarah usaha rakyat di Sulsel. Kahar Muzakkar yg mulanya menyebut agresi brutal ini sebagai ‘Peristiwa Korban 40.000 Jiwa.’

Setiap tanggal 11 Desember masyarakat Sulsel & Sulbar memperingatinya sebagai hari ‘Peristiwa Korban 40.000 Jiwa’ dengan menaikkan bendera merah putih setengah tiang.

Beberapa tempat di Monumen ini yg termasuk menakutkan diantaranya, jalanan menuju patung tembaga dari arah gedung utama yg merupakan jalan tempat pembantaian, katanya sering muncul hantu berwujud susterngesot disini. Dan juga di sekitar lampu taman sering tercium bacin bangkai & darah segar, & masih banyak lagi spot-spot lainnya.

4.    Kuburan Cina Antang
Kota Makassar / yg biasa dikenal dengan sebutan  Spot - Spot yg Terkenal Angker  di Makassar

Kawasan pekuburan yg terletak di Antang ini termasuk angker. Selain alasannya yaitu memang tempat pekuburan tempat dikuburkannya orang-orang, ada banyak juga yg telah melihat penampakan di tempat ini. Seperti hantu belum dewasa yg memegang sapu, & lainnya.

--------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana berdasarkan kalian, para pembaca? Apa kalian percaya dengan cerita-cerita tersebut? Atau kalian termasuk orang yg tidak percaya & menganggap semua dongeng tersebut ialah mitos belaka? Jadi, semua kembali pada kepercayaan & keyakinan kita masing-masing. Percaya / tidak kembali pada individu masing-masing. yg paling penting ialah selalu percaya pada ilahi sang pencipta alam semesta.

Spot - Spot Yang Populer Menakutkan Di Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DA46

0 comments:

Post a Comment