Penyebab Ketindihan Ketika Tidur & Cara Mengatasinya

 / sleep paralysis yaitu fenomena yg sering terjadi  ketika kita tidur Penyebab Ketindihan Saat Tidur & Cara Mengatasinya

Ketindihan / sleep paralysis yaitu fenomena yg sering terjadi ketika kita tidur. Dalam kondisi tersebut, seseorang terbangun dari tidur, pikirannya sadar tetapi seluruh ba& tidak bisa, digerakkan.

Seolah ada beban berat di atas tubuh, napas sesak & menyerupai tercekik. Belum lagi munculnya bayg-bayg hitam di atas tubuh. Sudah pasti, fenomena tindihan / ditindih makhluk halus menjadi hal mistis.

Akan tetapi dengan ilmu pengetahuan yg makin maju & modern, ada klarifikasi ilmiah apa itu "ditindih setan", nama kerennya yaitu sleep paralysis.

Penyebab Ketindihan / Sleep Paralysis

Sebelum menjelaskan apa itu ketindihan / sleep paralysis, kami jelaskan dulu 4 tahapan dalam tidur. Tidur tidak sekedar menutup mata, ada tingkat berlapis untuk mempunyai kualitas tidur yg baik. Semua orang dalam kondisi normal akan melewati tahap ini:
  1. Kondisi ketika masih setengah sadar.
  2. Kondisi mulai tertidur dalam.
  3. Kondisi tidur yg lebih dalam.
  4. Rapid eye movement (REM) dalam kondisi ini, mimpi terjadi.
Semua tahapan itu harus dilalui berurutan, sehingga ada koordinasi yg elok antara kesadaran & gerakan anggota tubuh.

Dalam kasus tindihan / sleep paralysis, seseorang yg tidur dengan kondisi badan lelah buat otak tidak merespon tidur dalam urutan yg benar. Biasanya dari tidur setengah sadar eksklusif menuju REM. Akibatnya, ketika terbangun, pikiran sudah sadar, tetapi badan masih dalam kondisi tidur,. Hal itu buat badan terasa seolah lumpuh tidak bisa, digerakkan.

Ketindihan biasanya terjadi pada orang yg se&g dalam kondisi sangat capek, stres, banyak pikiran, punya lingkungan kerja jelek & sebagainya. Tubuh yg setengah sadar ketika mengalami sleep paralysis sering mengakibatkan baygan / halusinasi makhluk menyeramkan, sehingga sleep paralysis sering dianggap sebagai kejadian mistis.

Cara Mengatasi Ketindihan Atau Sleep Paralysis

Setiap orang bisa, mengalami ketindihan, kalau ini hingga terjadi pada Anda, ingatlah tiga poin di bawah ini:
  1. Jangan panik. Saat Anda panik, Anda akan semakin sulit bernapas & bergerak. Tarik napas panjang & berdoa, sebab semua akan baik baik saja.
  2. Setelah tenang, walaupun badan dalam kondisi tidak bisa, digerakkan, Anda masih bisa, menggerakkan jempol kaki. Gerakkan jempol kaki perlahan, maka sedikit demi sedikit, badan Anda bisa, kembali digerakkan.
  3. Sebisa, mungkin hindari posisi tidur terlentang, sebab korban ketindihan biasanya dalam posisi terlentang. Pilih posisi tidur menghadap ke samping.
Demikian Penyebab Ketindihan Saat Tidur & Cara Mengatasinya. Semoga berkhasiat. Apakah Anda pernah mengalami ketindihan / sleep paralysis?

Penyebab Ketindihan Ketika Tidur & Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DA46

0 comments:

Post a Comment